[LPMPS 2008]: Hidup sebagaimana orang Indonesia kebanyakan

Coba… apa yang terjadi kalau mahasiswa Indonesia tidak pernah menikmati menjadi orang-orang Indonesia seperti kebanyakan. Pastinya, kebijakan yang ada tidak akan pernah dikritisi, kita terima semua yang dibuat pemerintah tanpa pernah mereviewnya. Tapi anak FISIP UI gak begitu kok. Dalam kegiatan LPMPS (Latihan Praktik Metode Penelitian Sosial), mereka membuktikan bahwa mereka bisa hidup sebagai masyarakat kebanyakan. Antri mandi (dan kalau mandi pun harus irit air karena sedang kekeringan) mereka anggap seperti antri BLT, tidur hanya beralaskan tikar seperti di tempat pengungsian, dan makan pun seadanya.

  

Kebiasaan kemana-mana naik kendaraan pribadi atau umum, saat LPMPS harus berubah 180 derajat. Angkot yang selama ini banyak mereka temui di Jakarta-Depok, selama 8 hari harus dilupakan. Kendaraan pribadi yang setiap hari menemani, paling mentok digantikan dengan ojek motor. Tapi yang nikmat, tentu saja jalan kaki di tempat yang naik turun. Betis gede, biarin aja deh. Kulit menjadi beda warna karena tersengat matahari tak jadi soal. Pokoknya, hidup harus tetap dinikmati di manapun berada.

 

Tidur larut, bangun pagi-pagi menjadi satu kebiasaan. Nonton tv tidak menjadi keharusan lagi. Piala eropa pun terlupakan. Di Subang, mereka ini tinggal di rumah penduduk. Salah satu desa yang dikunjungi adalah Bunihayu. Sudah lebih dari 7 bulan, di Bunihayu tidak turun hujan. Makanya, sulit air. Air menjadi bawang merah, eh barang mewah. Saya sendiri pernah mandi hanya dengan 4 gayung air karena benar-benar kehabisan. Untunglah sudah pernah merasakan yang lebih parah dari ini. Hanya satu hari pertama saja udara terasa dingin, selebihnya panas luar biasa.

Hidup memang seperti roda, kadang di atas, kadang di tengah, kadang di bawah. Kita harus siap pada posisi apapun dan kapanpun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s