Ramalan oh ramalan?

Serem banget, dalam 4 bulan terakhir ini, apa yang aku bayangkan dan aku pikirkan semua terlaksana. Biasanya ditandai dengan mimpi-mimpi yang memberikan gambaran secara lengkap atau bahkan hanya sekedar tanda-tanda alam semata.

4 bulan yang lalu, misalnya, aku sudah memprediksikan seorang kolega dosen akan diminta menjadi calon menantu dosen yang lainnya. Padahal, yang bersangkutan pun boro-boro tahu. Si Ibu dosen pun juga gak pernah ngomong langsung sama aku tentang keinginannya. Sampai 3 minggu lalu kolega dosen ini akhirnya cerita kalau dia memang ‘diminta’ untuk menjadi menantu. Dan masih ada 3 ramalan yang ternyata memang terjadi pada kolega dosen ini. Pusing nih. Soalnya, akhirnya dia tanya tentang “Mama Lina, siapa presiden RI 2009?” Memangnya aku mama Loren apa. Dia pikir aku bisa meramal.

Lain halnya cerita di lapangan. Entah apa yang terjadi, hanya satu mahasiswa yang aku pikirkan 2 hari sebelum berangkat. Dan ternyata, ada koneksi batin antara aku sama dia. Aneh ya… semua yang sedang dipikirkannya sudah ada di kepalaku sejak berangkat. Sampai teman-temanku bilang, “aneh banget sih loe mikirin dia, bukan tipe loe banget!” ya namanya juga perasaan.

Yang paling bikin aku geleng-geleng adalah waktu Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Wilayah A di UNJ, sehari sebelum pengumuman pemenang, aku sudah tahu siapa yang menang. Padahal, aku gak pernah menyaksikan presentasi mereka. Apa gak bikin ngeri? Aku bilang waktu itu kepada anak USU, bahwa mereka akan juara tapi juara 2. UNJ juara 3, dan UI pasti juara 1. Dilalah… ternyata pas banget. Termasuk ketika feeling memperoleh juara KKTM Pendidikan Tingkat Nasional. Aneh kan?

Di tingkat nasional kejadian lagi, aku bilang di KKTM IPS, bahwa yang akan juara salah satunya anak Unpad dan IPB. Ternyata benar. Maafin ya… kemarin aku sebenarnya sudah punya feel kalau UI bakal gak menang di bidang ini. Tapi gak enak, nanti teman-teman mahasiswa malah jadi gak semangat.

 

Leave a Reply

