Kuliah, di UI aja…

Bingung gak dapat diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) banyak dialami lulusan SMA. Boro-boro dapat PTN yang bonafide, yang biasa-biasa aja susah banget. Gak usah cerita program studi favorit, yang gak laku aja tetap gak diterima. Mau jalur biasa atau jalur khusus tetap membingungkan. Tapi tidak bagi Farah Milkiyah.

Cewek lulusan SMAN 74 Jakarta ini malah pusing karena harus memilih di mana dia harus kuliah. PMDK di Universitas Diponegoro gagal diperoleh. Lewat jalur UMB (Ujian Masuk Bersama) memang dia gak diterima. Pilihannya hukum dan psikologi. Dua-duanya program studi yang peminatnya lumayan. Dari awal sebenarnya sudah dipastikan, Farah pasti gak bakal diterima. Prestasi akademisnya selama SMA biasa-biasa saja. Akhirnya, dia coba lewat jalur lain yaitu kelas paralel Universitas Indonesia (UI). Dia memilih Sastra Perancis. Lewat program Vokasi (juga di UI) dia memilih Penyiaran. SNMPTN dia pilih Sastra Inggris UNJ. Dilalahnya, tiga-tiganya lolos! Siapa yang tidak takjub.

Dengan kondisi seperti ini, alhasil Farah pusing luar biasa. Orangtuanya ingin dia masuk UNJ. Jauh lebih murah ketimbang UI. Setelah perenungan yang memakan waktu, tenaga, dan emosi, akhirnya dia memutuskan untuk memilih D3 Penyiaran. Yang lain… ya mudah-mudahan tahun depan masih bisa coba lagi…

Selamat ya, De… Semoga berhasil dengan kuliahnya. Buktikan kamu bertanggungjawab dengan pilihan kamu…

2 thoughts on “Kuliah, di UI aja…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s