Home sweet home…

RUMAH LINAGambar di sebelah adalah rumah kami. Luarnya dicat ungu tua dan dalamnya hijau, my favourite colour.  Suami saya sih ikut aja.  Yang ngedisain semuanya saya. Walaupun atas sepersetujuan my lovely. Ceritanya, pilihan warna ini udah yang ketiga. Pertama kali beli, warnyanya hijau pupus. Kalau saya bilang sih, hijau buluk, seperti masuk kantor Kodim. Terus ganti warna kuning kinclong. Pokoknya UI banget deh, sesuai tempat kerja. Akhirnya, teman saya yang disain interior dateng mengunjungi rumah yang kinclong ini. Komentar dia sederhana, “Loe gak kasihan sama tetangga depan loe? Tiap hari silau ngelihat rumah loe.” Gitu ungkap mas Icuk.  Padahal, saya udah cinta sama warna kuning bali ini. Akhirnya, diputuskan mengganti warna jadi merah maroon. Ternyata, bukan maroon yang saya dapat malah ungu tua. Tapi, sumpah. Elegan, gak ada yang nyamain. Pokoknya beda deh dari tetangga. Jadilah tiga tahun ini setia menggunakan warna ungu.

Kolam ikanUkuran gak terlalu besar kok. Luas tanah 130 meter. Di depan masih ada ruang kosong sembilan meter persegi buat tanam-tanam bunga. Di belakang rumah selain ada kolam ikan 3 x 2 meter, masih ada tanah 14 meterbuat tanam-tanam sayuran. Lumayan, sebangsa katuk, daun singkong, lengkus, sirih, salam koja, dan cabe sih ada. Bahkan pernah panen singkong yang besarnya sebetis. Semua sisi berjendela. Jadi gak perlu pakai pendingin ruangan, dan yang pasti hemat listrik.

Nah… mau cerita tentang ngurus IMB dan Surat Tanah di Depok.

Dulu waktu beli dari pengembang, dijanjikan IMB dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan). Setelah lunas, SHGB gak juga bisa diperoleh. Sampai tahun ketiga baru diperoleh, itupun sudah marah-marah dan mengancam akan mempidanakan pengembang. Tapi, tetap…. IMB belum dapat juga.

Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan, mending ngurus sendiri. Biaya IMB 600 ribu rupiah (gak resmi, ada biaya tambahan), biaya SHM 1,02 juta, resmi ada tanda terimanya. Cepat… seluruhnya 2 minggu kelar. Akhirnya,  rumahku jadi istanaku. Resmi dan gak nyicil lagi.

2 thoughts on “Home sweet home…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s