Lupa berbahasa Inggris di Korea, akhirnya….?

Namanya orang Indonesia, sehari-hari pasti memakai bahasa Indonesia, walaupun belum tentu menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Perjalanan ke Korea beberapa waktu lalu untuk menghadiri konferensi internasional membawa sedikit kelucuan. Konferensi yang harus saya hadiri adalah konferensi mahasiswa doktor se Asia. Jadi, para peserta pun menginap digabung dengan peserta konferensi dari negara lain. Kebetulan, teman satu kamar saya adalah Be, orang Thailand. Nama lengkapnya saya lupa. Soalnya, ejaannya agak susah. Kalau dari wajah, gak beda jauh lah dengan orang Indonesia, secara masih satu rumpun.

Tiba di Korea siang hari. Ngobrol-ngobrol sedikit dengan Be, biasalah saling bertanya tentang kebiasaan masing-masing. Soalnya kami akan satu kamar paling tidak 4 malam. Ngomong gak banyak bukan masalah kendala bahasa, tetapi kendala suara. Maklum, suara saya lagi habis sejak dari Jakarta.

Malam pertama, akhirnya saya tidur dengan nyenyak.  Sampai pada jam2 malam saya terbangun. Ini salah satu kebiasaan buruk saya. Saya lihat, roommate saya masih asik berinternet menggunakan fasilitas kabel yang ada di kamar hotel.  Loh kok dia gak tidur-tidur ya? Akhirnya di luar kesadaran karena masih terkaget-kaget bangun tidur, saya sapa Be dengan sapaan “kok belum tidur juga?” Mau tahu komentar Be mendengar pertanyaan saya? “What? I don’t understand.”

Untungnya saya cepat tersadar. “Sorry, Be. I think I’m still in Indonesia. And your face is not different with Indonesian face. so, I’m forgot. You are not Indonesian.” Akhirnya, ngomong ceplas-ceplos lagi dalam bahasa Inggris lagi.

Begini, nih. Kalau lahir, besar, dan setiap hari cas cis cus pakai bahasa Indonesia. Eh, di negara orang saja sampai lupa dan tetap berbahasa Indonesia. Sumpah Pemuda. … Berbahasa satu, bahasa Indonesia.

Dari Depok untuk Indonesia yang Lebih Baik.

Leave a Reply

