hallo… sekolah untuk apa?

Mau dibawa kemana pendidikan ini? Saat angka-angka hanya dijadikan dasar untuk mengambil kebijakan pendidikan. Sekolah dianggap berhasil kalau semua siswa lulus uan. Guru dianggap berhasil kalau nilai-nilai anak didiknya melebihi rata-rata. Orangtua akan bangga kalau anaknya bisa masuk sekolah unggulan atau RSBI.

Akhirnya semua berlomba bahu-membahu untuk mengejar angka-angka ini, tanpa pernah peduli akan tujuan pendidikan. Membuat orang menjadi terdidik, mampu membedakan yang benar dari yang salah, mampu mendewasakan orang, mampu membangun karakter manusia, memanusiakan manusia.

Pada akhirnya semua orang berlomba-lomba menjadi instan. Mengejar kekurangan hanya melalui lembaga bimbingan belajar dan privat. Orangtua banting tulang yang penting anaknya bisa lulus dengan angka membanggakan, tidak penting cara-cara yang dilakukannya. Instan menjadi pilihan saat ini, karena memang tidak ada pilihan lainnya saat ini..

Angka akhirnya menistakan proses bagaimana pendidikan seharusnya dilakukan. Ketika ada seorang guru yang mencoba menegakkan nilai-nilai pendidikan, dianggap oleh banyak pihak sebagai suatu kesalahan. Istilahnya “guru killer”.

Rasanya peran dan fungsi guru pun berubah. Guru yang pendidik jadi manusia langka. Guru hanya sekedar profesi untuk mencari uang semata. Salahkah ini? Tentu tidak semua bisa disalahkan kepada guru.

Sekali lagi, makna pendidikan harus dilihat kembali. Kurikulum harus diurai kembali. Apa tujuan pendidikan? Ataukah pendidikan hanya jadi komoditas semata yang pada akhirnya merebut hak anak-anak untuk menikmatinya?

Cikarang, Hotel Citra Inn, 28 November 2011 (Walaupun ditulis di Cikarang, namun penulis adalah warga Depok, jadi tetap diakhiri dengan kalimat di bawah ini):

Dari Depok untuk Indonesia yang Lebih Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s