Kopi? Yuk, mari…

Wah, kalau dingin-dingin seperti semalam, yang enak memang. minum kopi. Di Indonesia, seringkali kalau mau ngopi suka ditanya “Suka Robusta atau Arabica?” Terus terang, saya gak ngerti banyak. Yang saya tahu dua-dua nya berwarna hitam dan sedikit pahit. Akhirnya, saya coba browsing di internet perbedaan antara keduanya.

Kopi Arabica terkenal pahit walaupun rasanya lebih halus. Rasa kental dan asam terasa saat kita meminumnya. Aromanya wangi sedap mirip percampuran bunga dan buah. Untuk yang Robusta memiliki aroma yang lebih khas dan manis, warnanya  pun tergantung dari cara pengolahan, dan yang pasti teksturnya lebih kasar dari Arabica.  Nah, di Indonesia yang paling banyak itu Arabica. Kopi yang ada di daerahnya suami saya (Mandailing) adalah Arabica. Kop Aceh dan Toraja juga termasuk kelompok ini. Walaupun penghasil Arabica, namun orang Indonesia kebanyakan juga lebih suka Robusta karena lebih ringan rasanya.k
Saya sendiri sangat suka kopi pakai susu atau kopi pahit tanpa gula. Gimana gitu. Atau kopi ditambah coklat terus dicampur ke dalam adonan brownish. Yummy. Jadi deh, brownish rasa kopi.

Tapi, gak tahu juga ya, informasi itu betul atau tidak, enak arabica atau robusta.

Nah, kalau saya tanya kepada mahasiswa saya, mereka semua setuju kalau kopi yang satu ini paling mereka suka. Kopi jenis baru yaitu “copy paste”. Silakan terjemahkan sendiri maksudnya.

Dari Depok untuk Indonesia yang Lebih baik

One thought on “Kopi? Yuk, mari…”

Leave a Reply

