Beta = Aku

Waktu saya kecil, mendengar lagu Kasih Ibu biasa-biasa saja. Alias no comment deh. Sama halnya dengan mendengar lagu Indonesia Pusaka. Bingung kan. Kok apa hubungan kedua lagu tersebut ya?

Pada lagu Kasih Ibu ada kalimat seperti ini:

Kasih Ibu, kepada Beta, tak terhingga sepanjang masa …

sedangkan lagu Indonesai Pusaka, syairnya seperti ini:

Indonesia Tanah Air Beta, Pusaka abadi nan jaya …

Kedua lagu tersebut sama-sama menggunakan kata BETA. Beta, dalam bahasa Indonesia berarti saya/aku. Walaupun, mungkin orang hanya tahu bahwa kata ini lebih banyak digunakan oleh saudara kita dari Indonesia Timur. Padahal, kata ini sebenarnya merupakan kosa kata Melayu asli. Mohon maaf, kalau saya salah.

Nah, bukan itu masalahnya. Anak saya hobi sekali menyanyi. Salah satu lagu yang biasa dinyanyikan adalah Kasih Ibu ini. Tapi, dia selalu mengganti kata beta menjadi kata aku. Dia gak mau menyebutnya beta karena kata ayahnya (suami saya) beta itu artinya aku. Akhirnya, berubahlah syair lagunya menjadi:

Kasih Ibu, kepada aku, tak terhingga sepanjang waktu …

Mohon maaf luar biasa saya sampaikan kepada pencipta lagu tersebut. Mohon maaf saya bingung siapa penciptanya. Apakah SM Mochtar atau AT Mahmud. Saya hanya mencoba kreatif agar bunyinya menjadi sama antara aku dan waktu, sama dengan antara beta dan masa.

One thought on “Beta = Aku”

Leave a Reply

