Mutiara, air tawar atau air laut?

Tulisan ini mengambil site di Lombok, pulau yang sudah pernah saya datangi sebelumnya bersama suami dan teman-teman penelitian sekitar 2008. Jadi, kalau ditanya apa yang menarik dari pulau ini, semua perempuan akan serentak menjawab… mutiara.

Nah, hari ini saya ikut dengan ibu dan bapak juri Pimnas 2013 yang rupanya juga tahu bahwa mutiara lombok adalah oleh-oleh yang harus diburu. Menuju sekarbela, akhirnya kami mampir di satu toko. Saya hanya membeli beberapa bros dan sebuah cincin saja. Yang bros untuk teman-teman di kampus, yang cincin buat saya dong…. Kebetulan kalau dari suami, saya sudah pernah dibelikan satu set mutiara. Thanks, Ayah….

Ada dua jenis mutiara, katanya, kalau yang mutiara air laut yang tidak dibudidayakan pasti lebih mahal karena memang susah mencarinya. Ada juga mutiara air laut yang sudah dibudidayakan, hasilnya memang tidak sebaik yang asli beneran. Namanya juga karena dipaksa menghasilkan. Yang paling murah adalah mutiara air tawar. Bahkan untuk sebuah bros yang saya beli gak sampai Rp. 50.000,- Maaf ya teman-teman, tapi memang itulah kemampuan keuangan saya sementara ini.

Kembali ke air laut dan air tawar. Jadi, sampai saat ini saya belum bisa membedakan mana yang air tawar dan mana yang air laut. Karena konon katanya, kalau yang air laut asli, bisa sampai jutaan (hanya untuk sebuah butir mutiara). Nah kalau yang saya beli, berarti dari air tawar kayaknya.

Sebenarnya, bukan itu yang mau saya tuliskan. Rupanya ketidakpedulian dari mana dan jenisnya apa juga terjadi pada pengunjung toko. Yang penting oleh-oleh berhasil dibawa ke kota tujuan masing-masing.

Mutiara air laut budidaya
Mutiara air laut budidaya

Kalau seperti ini, apa bedanya ya mutiara-mutiara ini?

Mutiara air laut budidaya

 

Memilih-milih

Memilih-milih, bingung, semua bagus…. cari yang murah aja ah….

 

Lombok,12 September 2013

Dari Depok untuk Indonesia lebih baik

Leave a Reply

