Lagi-lagi tentang Pajak: Komunikasikan , dong…

Mendengarkan Mbak Inayati membicarakan Earmarking Tax dalam Pekan Seminar FISIP Universitas Indonesia menjadi menarik untuk mempertanyakan tentang pajak yang telah saya bayar. Selama ini, saya bingung karena kalau bicara pajak, pasti hanya Gayus, Dhana, dan kasus-kasus korupsi di bidang perpajakan yang jumlahnya bikin merinding bulu kuduk, sepertinya pajak kayaknya sama dengan setan ya…

Menurut Buchanan, earmarking tax adalah specific tax revenue for specific purposes. Artinya, pajak khusus untuk tujuan khusus. Pajak penerangan jalan umum, misalnya, seharusnya kalau sudah dibayar, lingkungan sekitar kita harusnya tidak ada lagi yang remang-remang atau bahkan gelap. Kalau kita sudah membayar Pajak Kendaraan Bermotor, asumsinya jalan yang kita lewati gak bolong-bolong bahkan berlubang lagi atau moda transportasi nyaman dan cukup untuk digunakan.

Masalahnya, Dinas PU di Banten, misalnya, menurut Mba Inayati malah tidak tahu tentang earmarking tax. Jadi udah kadung membuat program kerja alias menetapkan porsi belanjanya dulu tanpa memperhatikan berapa besar pendapatan.

Nah, kalau pengelolanya saja tidak tahu, bagaimana masyarakatnya bisa peduli mau membayar. Jangan menuntut aja dong, tapi bertanggungjawab. Tapi, siapa yang bertanggungjawab?

Saya ingin, suatu ketika ada slogan yang selalu dapat kita ingat bahwa Ingin tahu kemana pajak Anda, silakan hubungi kami di nomor telepon 500XXX. Pajak bukan sesuatu yang harus ditutupi loh. Ingat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Kita harus dorong Keterbukaan Informasi dalam Earmarking Tax.

Dari Depok untuk Indonesia yang Lebih Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s