Dahsyatnya Pimnas 28 Kendari: Seminggu untuk Selama-lamanya…

Kalau masih ada yang bingung apa itu PIMNAS, pastinya itu bukan mahasiswa Indonesia. Ini acara yang mengusung lomba ilmiah namun penuh kesahajaan dan kebersamaan. Sstt… rahasia ya, soalnya saya juga menemukan pasangan hidup dari forum seperti ini loh. PIMNAS adalah kependekan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Acara tahunan ini saat ini sudah berusia 28 tahun, artinya diselenggarakan sejak tahun 1988. Pimnas kali ini diselenggarakan di kampus Universitas Halu Oleo di Kendari. Rasanya tidak asik kalau saya menuliskan hal serius pada kali ini.

20151006_071751Foto ini di ambil sebelum acara pembukaan. Diambil dari plaza Hotel Grand Clarion. Ini hanya sebagian juri saja loh. Ternyata, hingga saat ini, belum ada foto lengkap dewan juri. Seragamnya keren kan? Bahkan ada yang dijahit hanya dalam hitungan jam loh gara-gara bahannya baru diterima beberapa hari sebelum acara di Kendari, dan pilihannya hanya penjahit vermak jeans yang mampu menyelesaikannya secara cepat. Walaupun, ada beberapa juri yang akhirnya tidak sempat memakai seragamnya karena seragam belum siap dijahit.

Selain kehebohan juri dengan seragamnya yang mepet, para juri juga selalu diisi kehebohan. Mulai dari kipas-kipas selama berlangsungnya pimnas (udara Kendari sangat panas loh… dinginnya hanya ketika di kamar hotel),  kuliner yang dahsyat, dan belanja oleh-oleh yang gak ada matinya (kacang mete, tenun, hingga batu akik erekke).

Juri juga tidak ragu melantai loh
Juri juga tidak ragu melantai loh

Tapi, yang patut diacungi jempol, mereka mau bekerja sambil melantai. Keterbatasan alat mencetak tidak mempengaruhi bagaimana cara juri bekerja. Ada yang mencari driver printer,a da yang menyediakan laptop nya secara sukarela, dan ada juga yang mencetakkannya. Tertib antre… Jempol tiga deh buat mereka.

IMG-20151008-WA0012

Bukan hanya juri yang antre, tapi flashdisk pun ikut antre.

IMG-20151006-WA0011
Leader UGM Drum-band

Salah satu yang membuat pembicaraan hangat adalah si mbak di sebelah. Luar biasa leader dari drumband Universitas Gadjah Mada saat acara pembukaan Pimnas ini.  Ayu tenan loh. Duh…siapa ya namanya cah ayu ini?

Seragam penutupan keren banget loh. Nih, para pendawa lima sedang bergaya. Dahsyat kan? Sepertinya akan cocok jadi cover majalah Pimnas… (kalau ada). 20151008_201115

Sedihnya, saya dan beberapa juri perempuan gak bisa pakai seragam karena kekecilan. He he he… maklumlah ukuran badan yang di atas rata-rata perempuan.

Yang istimewa pada pimnas kali ini, selain Liaison Officer Juri adalah dosen Universitas Halu Oleo (baru kali ini loh terjadi…dahsyat…!!!)  juga  diperkenalkan sebuah theme song. Penciptanya tak lain adalah rektor Universitas Halu Oleo yaitu Prof. Usman Rianse.

Silakan didengarkan dengan menkopi link berikut:

http://pimnas28.uho.ac.id/theme_song_pimnas_ke_28_uho.mp3

Musiknya enak di dengan, syairnya sederhana dan mudah diingat  Yang menjadi penyanyinya adalah Pak Iqbal. keren deh… Theme song ini dibuat dalam dua versi: versi pop dan versi mars-nya.

       Bersama mahasiswa Indonesia berkarya
       Engkau sinari persada dengan cahaya ilmumu
       Terdepanlah sambut panggilan baktimu
       Junjung tinggi semangat kesatriamu
       Mahasiswa mutiara pertiwi

              reff: Di pundakmu jiwa seluruh bangsamu
                     Goresan pena inovasimu
                     Mandirikan seluruh rakyat
                     Cerdaskan bangsamu dengan pimnas
                     Seminggu tuk selama-lamanya

Selamat kepada seluruh pemenang. Selamat juga untuk Universitas Brawijaya yang kembali membawa pulang Juara Umum. Sampai bertemu di Pimnas 29… (Bocorannya sih di Jawa Barat… Wallahu alam). Seminggu tuk selama-lamanya.

Dari Depok untuk Indonesia lebih baik.

2 thoughts on “Dahsyatnya Pimnas 28 Kendari: Seminggu untuk Selama-lamanya…”

  1. Salam kenal Bu Lina.. Saya Rizal, finalis pimnas PKM-PSH dari Unpad Bu.. Lagi jalan-jalan di google, eh ketemu sama personal blognya Ibu.
    Terima kasih buat semua ilmu yang sudah dibagi selama presentasi kemarin Bu, sangat bermanfaat buat kami.

    Mudah-mudahan bisa bertemu kembali di Pimnas tahun depan, kalau jadi mungkin di kampus saya Bu, hehe…🙂

    Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s