Beragam Kuliner Enrekang

Akhirnya, setelah menempuh lebih dari 5 jam dari Makassar (berangka 12.30 – 18.15 WITA dengan berkendara familiy car bersama dua orang teman sekantor (Azis dan Teguh) plus anaknya Teguh (Alfatih) kami sampai juga di Rumah Makan Bukit Indah, Mandatte, Enrekang, kepunyaan Pak Djufri, kakak iparnya Teguh. Sayang, gunung yang pemandangannya diceritakan Teguh (gunung nona) sangat indah sudah tidak terlihat.

Selama di sana kami disuguhi beragam penganan manis. kue khas enrekangAda deppa te’tekan (di Toraja dikenal sebagai Deppa Tori) yang terbuat dari gula aren dan wijen di bagian atasnya (mirip rasa kue cucur dan kue gambang betawi), mantri sala (lapisan atas seperti kue talam dikombinasikan dengan srikaya gula aren, dan lapisan bawahnya memakai ketan), dan kue putu (yang beda banget dengan kue putu di Jawa karena lebih mirip ke bugis tapi tanpa isi kelapa+gula, namun rasanya juga manis).

Bagi saya yang hobi penganan asin, favorit saya adalah deppa te’tekan. Mungkin yang membuat rasanya khas karena ada wijennya, sehingga rasanya lebih gurih.

Penangan beratnya juga agak berbeda. Ada nasu cemba, dangke, dan sokko. Nasu cemba yang rasa-rasanya mirip asem-asem iga (hanya saja rasa asamnya diperoleh dari daun cemba – (sejenis tanaman petai/pete tapi batang dan tangkai-tangkainya berduri). nasu cemba

Dangke sendiri mirip dengan dadih diSumatera Barat. Disebut juga keju enrekang, karena sama-sama dibuat dari susu yang dimasak, diberi garam dan getah dari buah pepaya. dangkeFungsi getah ini agar susu mengeras. dan setelah mendidih diletakkan di atas tempurung kelapa dan hanya memerlukan waktu 5 menit pendinginan hingga menjadi keju. Keju Indonesia ini dijadikan lauk makan dengan cara digoreng.

20151206_102234Satu lagi adalah ketan merah disebut sokok yang katanya hanya tumbuh di Desa Salukanan. Disebut sebagai pulut mandotti.

Nah… ini baru sebagian aja. Masih ada kopi kalossi juga.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s