In memoriam: Prof. Mirrian Sjofjan Arief, M.Ec. (PA), Ph.D

Inilah sebuah tulisan yang saya tulis di 2012 saat bertemu beliau terakhir kali di rumahnmirrianya yang saya tulis dalam rangka 50 th Departemen Ilmu Administrasi UI.

“Selagi kita hidup, berbuat baiklah pada semua orang dan jangan ada pilih kasih”

Ungkapan ini keluar dari perempuan kelahiran Bukittinggi pada 5 Juli 1934 yang menempuh pendidikan dasar dan menengah di Bukittinggi, Sumatera Barat dan kemudian melanjutkan S1 ke Universitas Gadjah Mada hingga lulus tahun 1964. Pendidikan Strata 2 ditempuh di Universitas Malaya dan lulus 1984. Pada 1991, gelar doktor berhasil diperolehnya dari perguruan tinggi yang sama yaitu Universitas Malaya.

Dalam jabatan struktural, Mirrian S. Arief pernah menjadi Pembantu Dekan I di Universitas Riau dari tahun 1964-1969, Dekan FISIP Universitas Riau pada 1969-1972, dan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya.

Pada 1972, mengikuti suaminya pindah ke Jakarta, beliau bergabung dengan Ilmu Administrasi FISIP UI hingga pensiun pada tahun 2004. Selama menjadi dosen, matakuliah yang diasuhnya di program sarjana adalah Organisasi dan Manajemen, Kepemimpinan, Perencanaan Pengawasan. Hingga kini, beliau masih tetap mengajar di beberapa perguruan tinggi swasta seperti Universitas Krisnadwipayana dan Universitas Jayabaya.

Walaupun bidang yang ditekuni adalah ilmu administrasi negara, ibu tiga anak ini selalu ingin belajar hal yang baru, termasuk mempelajari materi perpajakan hingga kemudian mengasuh mata kuliah Perpajakan di tingkat diploma tiga. Hal ini pula yang membuat dirinya kemudian menekuni jalur politik dengan menjadi anggota Komisi IX DPR-RI periode 2004-2009 melalui Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan Riau).

Memiliki hobi berkendaraan umum, terutama bajaj, ini pernah menulis buku antara lain materi pokok untuk Universitas Terbuka yaitu Organisasi dan Manajemen (1985) dan “Administrasi Pembangunan” (ditulis bersama Bintoro Tjokroamidjojo dan Muchtar Machmud, 1987).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s