Mau kenal siapa Lina?

lina_bali1
Lina Miftahul Jannah. Begitu ayah saya memberikan nama. Artinya kunci surga. Duh berat banget menyandang nama ini. Tapi, itulah hebatnya ayah. Saya menyebutnya dengan panggilan Bapak. Tapi kadang-kadang dengan keisengan anak-anaknya, dipanggil juga dengan sebutan Babeh. Ibu saya, saya biasa memanggil dengan mami, sudah meninggal pada 1997 yang lalu. Punya adik 5 orang, Hanif Muslim, Titi Huryati, Muhamad Ilham, Khusnul Khatimah (meninggal saat dilahirkan), dan Farah Milkiyah.

Repotnya punya suami yang punya motto ” no vacation for journalist”. Maklum wartawan. Muhammad Yasin namanya. Lelaki asli Batak ini bermarga Sipahutar. Tiga orang anak menjadikan tempat tinggalku di Depok sangat ramai. Nurhanipah, Ahmad Sirajul Huda, dan Mikrojul Muna. Nur sudah lulus dari S1 UnPad, Rajul masih SD kelas 2, sedangkan Mikroj baru lulus TK.

Pencinta ungu hijau ini bukan seperti kebanyakan orang yang hanya bilang suka ungu hijau, tapi gak mengeksiskan warna tersebut. Rumahku di Depok jelas mempertegas warna favoritnya tersebut, bernuansa ungu di luar dan hijau di dalam. 

Merupakan penggemar tokoh donal bebek aka donald duck. Walaupun cerewet banget, tapi terbukti bahwa donal baik hati, jujur, cinta keluarga, dan apa adanya.

Pendidikan dasar hingga menengah di tempuh di Jakarta. Saat SD, sempat bersekolah di SDN 05 Pondok Pinang. Saat naik ke kelas 3, sekolah siang hari SDI Miftahul Falah Tanah Kusir di kelas 4.  Jadi, ketika lulus dari SDI Miftahul Falah Tanah Kusir, SDN nya ditinggalkan pada saat naik kelas 6. Jadi SD hanya 5 tahun, kalau sekarang mungkin disebut akselerasi, melanjutkan ke SMPN 87 Pondok Pinang, dan terakhir berlabuh selama 3 tahun SMAN 70 Bulungan (Angkatan Laskar).

Pendidikan tinggi dimulai saat memutuskan untuk menjadi guru bidang studi PMP (Pendidikan Moral Pancasila) sehingga diambillah kuliah di IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta). Tapi, ternyata kuliah di sini membuat saya tidak betah. Bagi saya, pendidikan itu tidak boleh disriminatif tetapi harus memerdekakan. Akhirnya pada semester tiga saya memutuskan tidak melanjutkan studi alias drop-out. Kuliah di Universitas Indonesia (UI) pada prodi Ilmu Administrasi Negara menjadi aktivitas lanjutannya. Selama kuliah, pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa, Mahasiswa Berprestasi, dan asisten dosen. Setelah lulus S1, melalui beasiswa dari URGE World Bank, akhirnya melanjutkan S2 (tetap di UI) di Prodi Ilmu Administrasi. Melanjutkan ke program doktor, dan setelah melalui proses panjang pada 2013 yang lalu, lulus juga dari Program Doktor dengan IPK 4,00. Sekarang, masih bertahan menjadi dosen tetap di UI (pernah merasakan menjadi dosen UI-BHMN dan kemudian beralih menjadi Pegawai Negeri Sipil).Lina_xian 1

Kesenangannya masih belum berubah. Jalan-jalan gratis sudah dilakoni hampi ke seluruh pelosok nusantara. Bukan sekadar jalan-jalan, tetapi juga melakukan penelitian dan pengabdian. Sehari-hari hingga September 2017 berkantor di Gedung G Lantai 1 Kampus FISIP UI sebagai Ketua Program Sarjana Reguler dan Kelas Paralel Departemen Ilmu Administrasi. Selain itu, punya tugas tambahan yaitu sebagai Sekretaris Jenderal Indonesian Association for Public Administration pada periode 2013-2016.

16 thoughts on “Mau kenal siapa Lina?”

  1. Asslm..
    Mba Linaa…
    Miss u… miss u…kalau lihat dari blognya tetap seperti dulu, penuh semangat dan prestasi, sampe sulit ngebedain mana Dosen mana Mahasiswa-nya…

    Btw dah Doktor blm niy?
    Tetap sukses trus..

    Wassalam
    Nita’

  2. Waalaikum salaam…
    Dapet aja sih blog aku… padahal alamatnya gak disebar-sebarin, malas dapat komentar…. ha.. ha.. ha…
    Sedang mengambil S3, sedang semester 2… doain ya…
    Kapan aku dikasih undangan? Undangan apa aja deh…

  3. Bobby (dari dulu, kenapa sih seneng pake nama samaran kayak gini, gak ada yang lebih keren apa?) Emang sih … ternyata liburnya dia lebih banyak dari gua… Cuma dia selalu bilang, kalo wartawan tuh gak pernah libur. Biar kelihatan rajin gitu…

  4. Salam.
    14 tahun gue ninggalin UI bermakna 14 juga gue lost contact ama teman2 FISIP UI 91. Inilah keajaiban teknologi – dengan hujung jari bisa ketemu sama kamu.

    Wajah mu masih bisa ku kenal…enggak berubah…dulu yang ku inget rambut panjang mu …skrg tambah makmur tu..

    Salam Lin ya untuk teman2 yang lain….di mana sekarang Intan, Nanda, Pammy….

    1. Hai Soi… Gimana kabar loe? Pammy ada di kampus. Ntar gua kasih email pammy ke loe ya… Masih jadi Warga Negara Malaysia ya?

  5. Lina dan keluarga

    Saya dan keluarga mengucapkan selamat menyambut ramadhan al-mubarak. Didoakan ramadhan kali ini menjadi ramadhan yang penuh pahala dan keberkatan.

    Salam utk Pammy dan Renta……kapan mau ke Malaysia. aku tunggu…kalian ke Pulau Pinang….

  6. Salam, Mbak LINAA..?? ya allah.. bener2 ga nyangka ternyata ini blog nya dosen statistik aku *yang menurutku typical mbak lina ga bakal punya blog* hehe.. coz mbak lina kan orang nya kayanya asyik n cuek bangeet..
    saya azti mbak, mhw komas ekstensi 2009.pasti mbak lina gak kenal, karena saya ga ekstreem di kelas😀 ga seperti Cristin, Defvani, Farhan, Novi, dsb😀 hehe..
    mbak..isi blognya menarik banget. (saya kira isinya bakal rumus semua😀 hehe..
    ayo mbak. mampir2 ke blog saya. saya ada banyak sih..
    http://astynich.multiply.com/
    http://azti.wordpress.com/
    http://keepsmiling4mom.wordpress.com/
    dan ini bisnis onlen aku mbak🙂 http://www.noerbutikmuslim.com/

    keep in touch ya mbak.. meski di kelas saya bukan mhsw ekstreem, tapi di dunia maya saya aktif koq😀 hehe..

    1. Asti… terima kasih atas komen nya… beginilah saya…
      Tunggu tulisan saya selanjutnya ya… Yang pasti bukan terkait dengan statistik.

  7. Hallo mba Lina, salam kenal sebelumnya. Saya Robert Endi Jaweng, Mhs Pasca Ilmu Admin. Kebetulan smster ini mau ngambil kelas Metode Kuant utk Pengmbln Kep yg diajar Prof.AK, DR FS, mba Lina. Dan, di SIAK, saya lihat mba Lina juga menjadi pembimbing akademis saya. Berharap akan dapat banyak bimbingan ya mba.

    Trims n salam

    1. Salam kenal kembali… Saya jadi Penasehat Akademik karena terkait jabatan. Mudah-mudahan semester depan berjalan lancar semuanya. Amin.

  8. Bu Lina,

    Apa kabar? masih ingat saya, bu? eks-mahasiswa pascapol UI. Tertarik juga mau baca salah satu hasil riset evaluasi Kabupaten Sambas. Gimana bisa dapetinnya, bu?

    Trims, Didit

  9. halo mbk,
    Lama tak jumpa saat pertemuan yang terakhir. Pertemuan dimana diriku harus meninggalkan kampus tercinta. Semoga sehat selalu ya mbk..salut buat blognya..memberi inspirasi, sampai saya juga berani buat blog..sukses selalu ya mbk…amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: