Menghabiskan uang negara di pertengahan Desember

Pernah punya pengalaman gak susahnya mencari hotel yang kosong antara tanggal 11-15 Desember? Hotel-hotel kelas Bintang 2, 3 dan 4 biasanya akan fullbooked. Padahal libur natal dan tahun baru masih dua mingguan. Bahkan biasanya, harganya pun juga lebh mahal dibandingkan hari-hari biasa.

Sederhana kok alasannya. Tanggal 15 Desember adalah tanggal tutup buku laporan keuangan negara. Jadi proyek apapun, selesai atau tidak selesai, kalau tahun tersebut harus dilaporkan, pastin jawabannya “pencapaian sudah 100%”. Padahal, mungkin hingga akhir Desember kerjaan belum selesai juga.

Apa yang dilakukan, hingga harus menginap di hotel, bahkan biasanya dicari hotel yang juga dekat tempat wisata. Yogyakarta, Bali, atau yang dekat saja seperti Puncak akan menjadi pilihan. “Melepas penat setelah capek membuat laporan. Lagian duitnya masih banyak kok.”

Mereka tidak sadar, bahwa uang yang dipakai diambil juga dari pajak yang dibayar oleh masyarakat, seperti saya dan Anda. Apakah tidak ada keinginan dari pembesar negara ini, untuk mengubah cara-cara yang selama ini dipakai sehingga dapat sedikit menyelamatkan uang negara?

Ataukah besarnya penyerapan anggaran menjadi satu patokan kinerja sehingga orang lebih memperjuangan % penyerapan dibandingkan dengan kualitas pekerjaan.

Coba kita lihat, mengapa banyak jalan baru diperbaiki di bulan November-Desember? Membangun jalan itu katanya mudah. Penyerapan dananya juga tinggi. Tapi, pernahkan berpikir, bahwa kalau membenahi jalan di November dan Desember berarti akan kejar-kejaran dengan hujan?

Yang terjadi adalah, setelah jalan selesai, dipakai sebentar, rusak dan berlobang kembali karena tergerus air.

Tidak bisakah waktu pembuatan jalan diubah ke musim panas?

One thought on “Menghabiskan uang negara di pertengahan Desember”

  1. Kalau saya boleh usul pembeayaan dunia pendidikan ( formal) seperti di negara tetangga jauh, seberapa besar dan kapan waktunya diperluakan tinggal buat proposal lalu dianalisis ( diikutkan pembuat proposal , transparan dan rial), tapi masalah pertanggungjawabanya leher jua taruhanya !!!!! maaf ya buk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: